Pages

26.7.11

Silahkan nyelak dengan SOPAN ! :D

Udah lama gue pengen posting tentang hal ini..
Tentang hubungan yang “mestinya” antara yang tua dan yang muda di masyarakat..
Katanya kan ya yang muda harus menghormati yang tua.. 
Dan yang tua harus menghargai, mengayomi dan memberi contoh bagi yang muda..

Tapi kok sekarang banyak yang tua memanfaatkan status "lebih tua" nya supaya bisa dulu-duluan di antrian atau dapetin sesuatu..

It sucks !
Emang sih yang muda harus ngalah.. Tapi, dalam konteks apa dulu nih?
Kalo lagi di bus trus ada ibu-ibu atau bapak-bapak tua yang kayaknya kondisi nya udah gak kuat bediri lama-lama sih ya disaranin banget buat ngalah, tapi kalo kondisi gue lagi sangat memungkinkan sih yaa..
Soalnya biasanya lagi bawa2 ransel tuh berat banget kan, jadi bukannya gue gak punya hati sama yang tua-tua , tapi gue juga lagi dalam kondisi gak memungkinkan..

Nah, gimana kalo lagi ngantri sesuatu terus ada "yang tua" yang ngeduluin.. (gak pake cara yang baik-baik)
Terus terang gue dongkol banget sama "yang tua" yang model gini..
Suka gak ikutin antrian dengan merasa mereka lebih tua dan berhak ngeduluin yang lebih muda..

Contoh kasus pengalaman gue waktu di minimarket deket rumah..
Kan kasirnya ada 2, dan posisi nya sejajar, jadi kalo ngantri jadi nya malah sejajar sama yang di kasir lainnya.. Maksudte antriannya jadi semeraut..
Nah, udah lama2 gue ngantri, tiba-tiba ada ibu-ibu sama anaknya nyelonong minta mbak2 kasir nya ngitung dari arah sebelah sananya gue bediri..
Si mbak2nya lagi bedon,
langsung aja di ambil itu barang2 belanjaan si ibu tadi dan dimasukin ke kantong plastik..
What the ...........@*#$?!*#+-
Akhirnya gue emosi, gue bilang aja ke kasir nya..
"Mbak, saya udah dari tadi ya antri disini..!" pake nada yang cukup tinggi, tapi sayangnya suara gue kalo udah tinggi kayak orang pengen nangis.. Hahaha kurang "megang" deh galaknya kan.. -__-
Akhirnya mbak nya ngelayanin gue dulu deh, dan minggirin belanjaan ibu itu tadi..


Itu baru satu cerita,
Ada lagi kasus tadi sore..
Masih GRESS banget deh ! hahaha
Ceritanya tadi gue sama tante ke dokter gigi.. Kan sistemnya di praktek dokter tuh FCFS (First Come First Serve) .. Jadi gini kronologinya..
Kita udah sampe di teras rumah dokter praktek nya, eh tiba-tiba... 
*jeng jeeeng*
ada ibu-ibu (ibu-ibu lagi, emang nih ibu-ibu hobinya nyelak aje, grrr) langsung ngelonyor mau masuk ngeduluin kami ke depan pintu ruang praktek dokter itu..
Dan tiba-tiba dokter nya dari dalem rumahnya teriak ke luar,
"Dek, tunggu bentar yaa.."
Dan gue pun senyum seneng bebas merdeka, ngerasa menang karena ibu nya malu sendiri udah semangat 45 banget nyelak mau masuk situ.. Hahahahahaha *jahat*
Duduk deh di teras nungguin dokternya..

Sekitar 15menit kemudian, keluarlah sang dokter yang ditunggu-tunggu dari pintu rumahnya..
Eh ada pasangan suami istri yang mau minta surat pengantar buat claim biaya pengobatan ke kantornya.. Cuma bentar sih kata dokternya..
Okay, gue maklumin banget.. Secara fasilitas kantor tuh harus dipake dengan sebijak-bijaknya :D

Gak lama pasutri itu keluar..
Spontan gue langsung masuk lantaran gue merasa dateng lebih awal..
Pas udah di ruang praktek nya, gue kan duduk dulu jelasin keluhannya apaan aja..
Tiba-tiba..
“Dok, masih lama gak? Kalo gak saya pulang dulu aja.. Lagian kan saya cuma sebentar pasang giginya” si ibu nyebelin tadi dengan gak sopannya maen selonong boy ke dalem ruang praktek..
Dokternya bilang “Kan duluan ini bu, lagian pasang gigi itu gak bentar bu, lumayan lama juga..”
Dokternya nyoba bersikap bijak, adil dan beradab..
Secarrraa yaaa gue duluan gitu yang dateng ! ugh!
Pokoknya gue langsung sensi setengah mampus deh..

Eh si ibu tadi langsung emosi gak karuan, pake nada tinggi segala.. anjiiirrr !!!
Dokternya pun gak enak, mungkin takut terjadi sesuatu yang gak diinginkan kali ya..
Jadinya minta gue dan tante kasih kesempatan duluan ke ibu yang sengak nya minta ampun tadi.. aiiihhh...
Ya keluar lagi deh kita..
Mencoba gak ngeluarin caci maki, tapi tetep aja keluar, dan tampang gue otomatis kusut seketika..
Eh pasutri yang masuk duluan tadi masih ada di teras ternyata, dan mereka minta maaf udah nyelak bentar..
Dengan sopannya..
Ya, masih muda sih mereka, jadi kayaknya pelajaran PPKN atau Pendidikan Kewarganegaraan nya masih nyangkut di kepala..
Well, gue sama sekali gak sewot sama mereka.. Karena mereka bersikap sopan walaupun sedikit merugikan waktu gue..

Jadi, masih harus nunggu si ibu gak sopan tadi yang lagi digarap giginya ama sang dokter..
Dia bilang bentar kan, okay fine, sesabarnya kita tungguin...
15menit berlalu...
Setengah jam...
Satu jam...
Akhirnyaaa..
Gilaaakk ! Ibu-ibu begituan apa gak pake mikir semua yaaa.. Hobinya nyelak aja , egois kebangetan ! Udah berapa tahun tinggal di Indonesia yang heboh dengan semboyan “Budayakan Antri” nya???!!!

Umur gue ada kali seperempat dari umur si ibu itu..
Tapi kayaknya gue sewajarnya aja kalo di lingkungan, apalagi yang gak gue kenal, kayak di tempat umum begini..
Ihh ! ini makin bikin gue sebel dan jadi lebih waspada sama ibu-ibu model begini..
Kenapa gue sebutnya ibu-ibu doang?
Karena gue belom pernah nemu bapak-bapak yang begitu.. Tapi jangan deh, gak pantes.. Kalo perempuan kan lazimnya gitu, suka mau enaknya.. Kalo bapak-bapak gitu? Malu-maluin !!!

Jujur aja gue juga suka nyelak..
Contohnya waktu antri Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1 sekitaran bulan November 2010 kemaren..
Dengan orang segambreng itu kan kita udah gak tau lagi mana sopan mana enggak, so, gue libas aja dengan sebijak-bijaknya.. hahahaha
Maen sikut dan injek sana sini juga..
Maaf aja buat yang kena sikut dan kena injekan gue.. Kita sama-sama pengen kan.. Jadi ya usaha! XP

Intinya...
Jangan seenaknya deh ! Buat yang tua ataupun yang muda..
Udah ngalah aja kalo emang bukan “jatah” lo.. kecuali kalo pake cara yang sopan yee :D :p
Stay cool kalee.. hahaha *piss

No comments:

Post a Comment